Oleh: maschooseone | 29/06/2009

PDRB : Tujuan Penghitungan Pendapatan Regional

Dengan tersedianya statistik pendapatan regional secara berkala dapat diketahui antara lain :

(a) Tingkat Pertumbuhan ekonomi.
Apabila angka-angka statistik pendapatan regional disajikan atas dasar harga konstan, akan menunjukkan laju pertumbuhan perekonomian suatu daerah, baik itu secara menyeluruh maupun sektor demi sektor.

(b) Tingkat kemakmuran suatu daerah.
Pertumbuhan perekonomian yang tinggi belum menjamin kemakmuran yang tinggi bagi masyarakatnya oleh karena mungkin perkembangan penduduknya juga cukup tinggi. Tingkat pertumbuhan pendapatan per kapita lebih menunjukkan perkembangan kemakmuran, sebab bila dilihat dari sudut konsumsi, berarti masyarakat akan mempunyai kesempatan untuk menikmati barang dan jasa yang lebih banyak atau yang lebih tinggi kwalitasnya. Untuk mengetahui tingkat kemakmuran suatu daerah sedikit banyak harus mempunyai angka pembanding dengan daerah lainnya sedangkan untuk mengetahui perkembangannya perlu diketahui angka perkembangan pendapatan secara berkala. Dengan adanya angka pembanding ini misalnya; angka-angka pendapatan per kapita, maka dapat disimpulkan sepintas lalu bahwa tingkat kemakmuran suatu daerah lebih baik dibandingkan dengan daerah lainnya, dan dapat dilihat apakah kemakmuran daerah tersebut mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

(c) Tingkat inflasi dan deflasi.
Salah satu masalah pokok yang selalu dihadapi oleh pemerintah adalah besarnya tingkat inflasi yang melonjak setiap tahun. Peningkatan pendapatan yang diterima masyarakat apabila diikuti oleh tingkat inflasi yang tinggi tidak akan mempunyai arti apa-apa, oleh karena dengan adanya inflasi yang tinggi mengakibatkan kemampuan daya beli dari pendapatan (uang) yang diterima akan menurun, dan sebaliknya untuk deflasi. Penyajian atas dasar harga konstan bersama-sama dengan penyajian atas dasar harga berlaku antara lain dapat dipakai sebagai indikator untuk melihat tingkat inflasi ataupun deflasi yang terjadi.

(d) Gambaran struktur perekonomian
Dari angka-angka yang disajikan menurut sektor dapat dilihat struktur perekonomian suatu daerah, apakah merupakan daerah agraris atau industri. Berdasarkan data dari masing-masing sektor dapat dilihat peranan atau sumbangannya, terhadap jumlah pendapatan secara keseluruhan. Apabila pendapatan suatu daerah disajikan berdasarkan penggunaannya maka dapat dilihat besarnya hubungan pendapatan dengan tingkat konsumsi, pembentukan modal, perubahan stok, ekspor dan impor.

Dengan demikian statistik Pendapatan Regional merupakan gambaran dari perekonomian suatu daerah, dan akan berguna bagi para ahli yang bergerak di bidang perencanaan dan pengambilan keputusan baik yang berhubungann dengan perencanaan jangka pendek maupun jangka panjang, pembelanjaan secara regional, perumusan perpajakan, keuangan, tenaga kerja sektoral dan lain kebijaksanaan ekonomi oleh pemerintah dan swasta. Selain itu tidak kurang pentingnya bahwa dengan penghitungan pendapatan regional dapat dilihat konsistensi berbagai macam data dari berbagai sumber, dan bila perlu menyarankan pada pengumpul data agar dapat melakukan perbaikan-perbaikan sesuai dengan kebutuhan. Makin lengkap dan makin baik kwalitas data yang tersedia, makin baik pula angka-angka pendapatan regional yang disajikan, dalam arti lebih menggambarkan keadaan yang sebenarnya, sehingga penggunaannya dapat memenuhi sasaran yang diharapkan. Didukung oleh konsep dan cara estimasi yang baik dan konsisten antara satu dengan yang lain, maka angka-angka pendapatan regional akan mempunyai nilai kegunaan yang cukup tinggi.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: